article-image

Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/FwW5fhFKM6k

Baca Juga

Tanah masam adalah salah satu permasalahan yang ada pada tanah karena menentukan mudah atau tidaknya unsur hara diserap oleh tanaman, menunjukkan keberadaan unsur-unsur yang bersifat racun bagi tanaman, dan menentukan perkembangan mikroorganisme dalam tanah. Tanah masam memiliki karakteristik dan penyebabnya tersendiri. Mari kita simak bersama pembahasan mengenai karakteristik dan penyebab tanah masam. Selamat membaca Sobat Tania!

Karakteristik Tanah Masam

Karakteristik tanah masam yang ekstrim menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak normal dan merana.. Secara umum karakteristik dan sifat-sifat tanah masam dapat dicirikan sebagai berikut, (1) tanah ber-pH kurang dari 6,5, (2) kapasitas penyangga basa sangat besar, (3) daya simpan air sangat tinggi, (4) daya isap air tinggi, (5) ada keracunan unsur Al, Mn dan Fe pada tanaman, (6) kandungan N, P, K, Ca, Mo dan Mg sangat rendah, (7) pengikatan unsur N dan kegiatan mikroba menurun, (8) mg dan kapur dalam kondisi rendah, (9) dapat disertai kekurangan unsur Cu dan S.

Penyebab Tanah Masam

Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut,

(1) Tanah gambut, tanah gambut selalu ber-pH rendah dan bereaksi masam, hal ini karena tanah gambut mengandung bahan organik sangat tinggi sehingga aktivitas dekomposisi bahan organik juga tinggi, dimana dalam proses tersebut selalu diiringi dengan hilangnya unsur Kalsium (CaO) yang ada di dalam tanah.

(2) Kelebihan unsur Al, Fe dan Cu. Unsur Aluminium (Al), Besi (Fe) dan Tembaga (Cu) dalam jumlah yang berlebih dapat mengakibatkan tanah bereaksi masam. Di daerah-daerah yang banyak mengandung unsur-unsur tersebut selalu dijumpai tanah masam, seperti daerah pertambangan nikel, besi, dan tembaga.

(3) Curah hujan yang tinggi. Pada daerah-daerah yang curah hujannya sangat tinggi tanah selalu bereaksi masam. Tingginya curah hujan dapat mengakibatkan terjadinya pencucian unsur hara didalam tanah sehingga secara alami tanah akan menjadi masam.

(4) Drainase yang kurang baik. Air yang selalu menggenang karena sistem drainase yang kurang baik dapat mengakibatkan tanah menjadi masam pada tanah rawa.

(5) Pupuk pembentuk asam. Penggunaan pupuk pembentuk asam secara berlebihan dan terus-menerus dapat menyebabkan pH tanah menurun dan bereaksi masam. Beberapa jenis pupuk nitrogen seperti ZA, Urea, Amonium Sulfat dan KCl berpengaruh terhadap menurunnya pH tanah.

Untuk dapat mengetahui dosis pemupukan secara tepat agar tidak berlebihan ataupun tidak kekurangan dan tidak menyebabkan tanah masam, Sobat Tania bisa menggunakan fitur Kalkulator Pupuk di Aplikasi Dokter Tania. Dengan fitur ini penggunaan pupuk akan lebih efisien dan tidak menyebabkan tanah menjadi masam.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi