article-image

Sumber Gambar: Mohan Nannapaneni from Pexels

Baca Juga

Durian merupakan salah satu tumbuhan tropis yang banyak dijumpai di Asia Tenggara. Nama durian sendiri diambil dari bentuk buahnya yang berduri. Buah tanaman ini biasanya dijadikan sebagai olahan kue, dodol, es, dan sebagainya. Salah satu jenis durian yang sangat terkenal adalah musang king yang berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Durian ini terkenal di Malaysia dan Singapura. Durian ini terkenal akan dagingnya yang tebal, manis, dan legit. Saat ini, menanam durian musang king memiliki prospek yang sangat baik. Prospek untuk ekspor juga meningkat, terlebih ke negara seperti China. Bagaimana tips budidaya durian musang king? Mari kita simak bersama pembahasannya. Selamat membaca Sobat Tania!

Karakteristik Tempat Hidup Durian Musang King

Durian musang king merupakan varietas durian yang dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran dengan ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Namun jika ingin durian ini berbuah maksimal, maka sebaiknya menanamnya di dataran dengan ketinggian 400-600 meter dari permukaan laut.

Durian musang king juga membutuhkan tanah yang subur dan menyukai daerah yang curah hujannya tinggi. Jenis tanah yang sesuai untuk durian ini adalah jenis tanah yang gembur, lembab, subur, serta memiliki kedalaman air yang tidak lebih dari 1 m.

Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan durian musang king juga sama halnya dengan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi tanaman lainnya, antara lain unsur hara, iklim, dan jenis penyerbukan.

Persiapan Lahan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempersiapkan lahan untuk budidaya durian musang king:

  1. Pastikan lahan untuk budidaya adalah lahan yang terpapar sinar matahari secara langsung

  2. Bersihkan lahan dari gulma.

  3. Setelah gulma dibersihkan, buatlah lubang-lubang yang akan ditanami durian dengan jarak minimal 25 cm. Sebelum ditanami, lakukan penyuburan tanah dengan memberikan pupuk kompos pada lubang tanam.

  4. Lubang yang dibuat berukuran panjang 100 cm dan lebar 80 cm. Sebelum ditanami, biarkan lubang terpapar sinar matahari selama 3 hari untuk mematikan bakteri dan virus yang ada di dalamnya.

  5. Masukkan kembali tanah yang telah digali ke dalam lubang tanam agar lubang penanaman menjadi gembur.

Persiapan Bibit

Sebelum menanam durian musang king, tentunya harus menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Langkah-langkah persiapan bibit adalah sebagai berikut:

  1. Beli bibit dari petani durian yang terpercaya

  2. Pilihlah bibit yang sehat dan tidak jangkung, daunnya tidak rusak, dan tidak terserang penyakit.

  3. Pilih bibit yang cukup umur dan batangnya cukup besar. Kurang lebih bibit berukuran sekitar 15 cm.

  4. Setelah pemilihan bibit, untuk menanamnya, Sobat Tania cukup memindahkan bibit ke lubang tanam dan pastikan batang dan akar tidak rusak selama proses pemindahan.

  5. Buka polybag yang biasanya menjadi wadah pembibitan.

  6. Masukkan bibit dan tanahnya ke dalam lubang penanaman.

  7. Lakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan Durian Musang King

Berikut adalah tips-tips perawatan musang king yang harus dilakukan agar dapat mencapai panen yang diharapkan,

  1. Lakukan teknik penanaman dengan metode seperti permukaan gunung dengan cara meninggikan tanah.
  2. Lakukan pemupukan secara teratur, dengan pupuk kompos atau NPK. Dosisnya 1 sendok teh pupuk NPK dilarutkan dalam 10 liter air yang dapat digunakan untuk 10 bibit. Pemupukan ini dilakukan 10 hari sekali.
  3. Lakukan juga pemupukan dengan pupuk kandang hasil fermentasi yang sudah menyerupai tanah secukupnya.
  4. Jika tanaman mengalami serangan hama ulat, lakukan penyemprotan dengan pestisida.
  5. Pastikan lahan budidaya bebas dari gulma.

Pemanenan

Buah durian dapat dipanen setelah tanaman berusia 4-5 tahun. Bahkan, pohon durian musang king dapat dikembangkan dengan tinggi hanya 3-4 meter atau lebih rendah dan sudah menghasilkan buah.

Untuk dapat mengetahui cara budidaya durian secara tepat, Sobat Tania bisa menggunakan fitur Budidaya di Aplikasi Dokter Tania. Dengan fitur ini, cara budidaya durian akan lebih mudah dipahami dan akan menghasilkan panen yang melimpah.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi