article-image

Sumber Gambar: Pixabay dari Pexels

Baca Juga

Sobat Tania yang menanam padi pasti tidak asing dengan label warna-warni yang terdapat pada kemasan benih. Warna-warni label ini merupakan bagian dari klasifikasi benih dan sertifikasi benih. Klasifikasi benih bertujuan untuk mempermudah pengawasan sistem perbanyakan benih unggul dan menjamin mutu dari benih unggul. Proses sertifikasi benih dilakukan oleh pemulia padi dengan mencatat proses pertumbuhan padi, daya tahan terhadap hama dan penyakit, masa tanam, serta nomor seleksi benih padi. Benih yang lolos seleksi akan mendapatkan sertifikat berupa label warna-warni yang menyatakan klasifikasi benih padi.

Berikut adalah beberapa warna label pada kemasan benih padi beserta penjelasannya:

Kuning

Benih padi berlabel kuning merupakan Benih Penjenis atau Breeder Seed (BS). Benih ini merupakan urutan pertama dalam kelas benih. Benih ini adalah hasil pemulia tanaman dan memiliki sifat kemurnian sangat tinggi. Benih ini umumnya jarang ditemukan di pasaran karena jumlahnya sangat sedikit dan masih berada dibawah pengawasan pemulia tanaman.

Putih

Benih padi dengan label putih sering juga disebut sebagai Benih Dasar (BD) atau ** Foundation Seed (FS)**. Benih ini merupakan turunan dari benih penjenis dan masih memiliki sifat kemurnian tinggi, sehingga cukup sulit ditemukan di pasaran. Benih ini tergolong mahal dan dapat ditanam berulang kali.

Ungu

Benih berlabel ungu lazim disebut sebagai Benih Pokok (BP) atau Stock Seed (SS). Benih ini merupakan turunan ketiga dari kelas benih dalam sistem sertifikasi benih dan diberikan perlakuan sebaik-baiknya untuk menjaga tingkat kemurnian benih. Benih ini lebih banyak tersedia di kios-kios pasaran dengan harga cukup terjangkau. Benih dsara dapat digunakan hingga dua kali tanam.

Biru

Benih dengan label biru disebut juga dengan Benih Sebar atau Extension Seed (ES/BR). Benih ini merupakan hasil turunan keempat dari kelas benih dan secara langsung dipasarkan kepada para konsumen atau petani. Benih ini hanya cocok ditanam satu kali masa tanam. Harga benih dengan label biru paling murah dibandingkan ketiga jenis label benih lainnya.

Sekian informasi mengenai perbedaan warna label pada kemasan benih padi. Apabila Sobat Tania tertarik untuk memulai bertani sendiri dari rumah, Sobat Tania dapat memesan Kit Menanam berupa seedpack yang berisikan tiga benih pilihan dan media tanam, dilengkapi dengan panduan menanam serta bergabung dalam grup Whatsapp Bertani Bersama Tania. Selamat mencoba dirumah ya!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi