article-image

Sumber Gambar: Annie Spratt on Unsplash

Baca Juga

Tanaman menjadi komoditas yang selalu diminati oleh pecinta tanaman urban. Setiap masanya, jenis-jenis tanaman hias tertentu menjadi trend tersendiri bagi masyarakat. Beberapa tahun terakhir, ada saja tanaman hias yang kemudian menjadi hits dan populer dengan cepat. Dekorasi-dekorasi rumah dipercantik dengan keberadaan tanaman-tanaman hias ini. Pergantian tahun ini juga tidak melewatkan momen tersebut. Beberapa tanaman telah diprediksi akan menjadi sangat terkenal di tahun 2022. Berikut adalah daftar dari tanaman hias itu.

Hoya

Tanaman ini tersedia berbagai bentuk dan ukuran. Jika beruntung, kita akan melihat bunga-bunga mekarnya yang begitu cantik. Hoya menyukai tempat-tempat terang yang terkena sinar matahari langsung. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil maksimal dari kegiatan budidaya hoya, letakkan tanaman ini di luar ruangan atau dekat jendela, terutama di pagi hari. Jangan biarkan juga media tanamnya terlalu lembab. Biarkan media tanam tetap kering normal di antara jeda waktu penyiraman. Sebagian dari tanaman hoya memiliki sulur dalam morfologinya. Maka dari itu, hoya sangat cantik untuk diletakkan secara menggantung. Para pakar tanaman hias, seperti Ida Nordin dan Elin Harryson, sepakat jika hoya akan menjadi hits di tahun 2022 nanti.

Syngonium

Syngonium dapat tumbuh dengan cepat, mudah dirawat, dan memiliki berbagai macam warna untuk setiap jenisnya. Beberapa varietas syngonium yang populer adalah strawberry cream, mojito yang berbintik-bintik, dan milk confetti. Dalam istilah lokal Indonesia, tanaman jenis ini dikenal sebagai sirih gading, monstera, dan philodendron. Syngonium menyenangi cahaya yang terang meskipun masih bisa diletakkan di dalam ruangan. Cahaya redup akan mengubah variegasi dan pewarnaan daunnya saja. Untuk perawatannya sendiri adalah dengan dilakukan penyiraman setidaknya satu hingga dua kali per minggu.

Phyllanthus mirabilis

Tanaman berdaun kemerahan ini memiliki bentuk yang sangat unik. Batangnya yang bulat membuatnya membutuhkan sedikit perawatan untuk dapat tumbuh dengan baik. Satu ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya dapat terbuka di siang hari dan ketika malam tiba daun tersebut akan terlipat kembali. Tanaman ini tidak kucup baik untuk kelembaban yang tinggi. Penyiraman tanaman yang terlalu banyak akan menyebabkan kebusukan. Phyllanthus mirabilis juga membutuhkan intensitas cahaya matahari yang tinggi.

Begonia chlorosticta

Begonia sudah cukup populer untuk tumbuh di Indonesia. Di tahun 2022 tanaman tersebut diperkirakan akan tetap menjadi trend. Daun tanaman ini memiliki beberapa pola yang sangat indah. Jenis Begonia chlorosticta akan lebih populer karena warnanya menakjubkan dan memiliki pola berbintik. Sering kali jenis ini digunakan dalam kreasi terarium. Tanaman hias jenis ini dibedakan dengan Begonia maculata melalui warnanya. Begonia chlorosticta menyukai kelembaban sehingga jangan sampai dibiarkan kering. Letakkan tanaman ini pada tempat yang terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.

Philodendron micans

Philodendron menjadi tanaman hias lain yang diprediksi akan meledak di pasaran pada tahun 2022. Daun tanaman ini sangat indah dan memiliki tekstur yang lembut. Terlebih warnanya sangat beragam, mulai dari hijau hingga oranye. Perawatan tanaman ini cukup dilakukan dengan penyiraman sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jangan biarkan media tanam terlalu lembab. Sebaiknya tanaman diletakkan di dalam ruangan yang terang. Philodendron micans termasuk tanaman merambat yang indah sehingga sebaiknya juga diletakkan secara menggantung. Jadi, sudah tahu mau menambah koleksi tanaman hias apa di kebunmu pada tahun 2022 nanti? Pastikan kamu tahu cara budidaya dan merawatnya juga, ya! Unduh aplikasi Aplikasi Dokter Tania untuk panduan lebih lanjut mengenai budidaya tanaman.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi