article-image

Sumber Gambar: Vincent van Zalinge on Unsplash

Kumbag kepik atau ladybugs (Coccinella magnifica) merupakan serangga yang sering dijumpai di sekitar lahan pertanian. Terdapat ribuan jenis kumbang kepik yang tersebar di seluruh dunia tetapi bercak tubuhnya yang khas berupa sayap merah dengan bintik-bintik berwarna hitam membuat serangga ini mudah dikenali. Siklus hidupnya terbagi dalam 4 tahap, yaitu telur, larva, pupa, dan kumbang dewasa. Telurnya berwarna kuning keemasan dan sering terletak di bagian bawah daun yang akan menetas setelah 1 minggu. Larvanya berwarna keabuan dan berbulu yang akan berubah menjadi pupa setelah 3 minggu. Lalu berubah menjadi kumbang dewasa setelah 1 minggu. Pada fase dewasa, kumbang ini dapat bertahan hidup hingga 3 bulan. Serangga ini ternyata membawa manfaat yang tidak semua orang ketahui. Berikut adalah manfaat yang diberikan oleh kumbang kepik.

  1. Merupakan predator alami serangga hama Kumbang kepik memangsa hama kutu-kutuan seperti kutu putih yang sering menyebabkan kerusakan pada tanaman tomat dan cabai juga serangga berbahaya lainnya. Bahkan saat fase larvanya, kumbang kepik dapat memangsa hingga ratusan kutu dan ketika dewasa mampu memangsa hingga 5000 kutu sepanjang hidupnya.
  2. Mencegah penggunaan pestisida berlebih Keberadaan populasi kumbang kepik yang cukup, dapat mengendalikan keberadaan serangga hama secara alami. Keberadaan bunga seperti angelic, dill (adas), dan dandelion dapat mengundang kumbang ini.

Terdapat pula kumbang yang penampilannya hampir identik dengan kumbang kepik, yaitu kumbang Asia. Walaupun sama-sama memangsa kutu, kumbang ini lebih agresif bila dibandingkan dengan kumbang kepik karena dapat menggigit bagian kulit manusia bila tersentuh. Untuk membedakan kedua kumbang ini cukup sulit karena ukuran tubuhnya yang kecil dan bercak tubuhnya yang hampir identik. Apabila cukup teliti, maka dapat terlihat perbedaan di bagian antara kepala dan sayapnya. Pada kumbang Asia, terdapat corak seperti huruf “W” atau ”M”.

Manfaat kumbang kepik dalam bidang pertanian membuat beberapa orang di beberapa negara seperti di Amerika Serikat sengaja memelihara dan membudidayakan serangga ini sebagai kontrol biologis serangga hama karena dibutuhkan sekitar 72 ribu kumbang kepik untuk mengatasi masalah serangga hama pada lahan seluas setengah hektar. Nah, setelah mengetahui manfaat kumbang kepik, apakah kalian juga ingin memanfaatkannya sebagai pengendali hama kutu?

Sumber: https://www.profitableventure.com/starting-a-ladybug-farming-business/ https://dengarden.com/gardening/Ladybugs-They-Can-Keep-Your-Flowers-and-Plants-Pest-Free https://www.gardenguides.com/12316588-what-are-the-benefits-of-ladybugs.html

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang