article-image

Sumber Gambar: Ani KU from Getty Images

Baca Juga

Telur sudah menjadi sumber asupan protein untuk banyak orang di seluruh dunia. Pada tahun 2014 diperkirakan ada sekitar 10,17 miliar butir telur yang dikonsumsi di seluruh dunia. Sobat Tania disini pasti sudah biasa mengonsumsi telur untuk makanan sehari-hari kan. Namun apakah Sobat Tania tahu bahwa cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai kompos yang dapat membantu pertumbuhan tanaman? Pada artikel kali ini akan membahas manfaat serta cara pengolahan cangkang telur sebagai kompos.

Kandungan Cangkang Telur

Cangkang telur terbentuk dari kalsium karbonat yang merupakan jenis kalsium yang paling umum ditemukan. Selain kalsium pada cangkang telur juga terdapat strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein.

Manfaat Cangkang Telur Bagi Tumbuhan

Kandungan kalsium pada cangkang telur memiliki manfaat tersendiri bagi tumbuhan di antara lain: membantu pertumbuhan akar, pembentukan dinding sel, mencegah kerontokan daun dan buah, dan membantu translokasi karbohidrat pada tumbuhan. Hasil dari manfaat kalsium pada cangkang telur ini tentu saja dapat meningkatkan kesuksesan pertumbuhan tanaman dan pastinya meningkatkan kualitasnya.

Cara Membuat Kompos Cangkang Telur

Ada beberapa cara yang umum digunakan untuk menjadikan cangkang telur sebagai kompos tumbuhan. Cara paling sederhana membuat kompos dari cangkang telur adalah dengan mengubur cangkang telur yang sudah dihancurkan ke dalam tanah atau dengan cara dicampurkan dengan pupuk kandang maupun jenis pupuk lainnya. Cara lainnya yang umum digunakan adalah dengan cara membuat teh kompos. Cara membuat teh kompos cukup sederhana: cangkang telur yang sudah dibersihkan dan dihancurkan cukup disiram atau diseduh dengan air panas. Kemudian, tunggu suhu air sampai sama dengan suhu ruangan sebelum diberikan kepada tumbuhan. Dari cara yang sudah dijelaskan ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyebarkan mineral berupa kalsium yang ada pada telur ke tanah sekitar tumbuhan yang pada akhirnya akan diserap oleh tumbuhan.

Bagaimana Sobat Tania apakah dari sekarang sobat tertarik untuk menggunakan cangkang telur sebagai kompos bagi tanaman yang sobat tanam? Selain kita bisa menyuburkan tanah dan tanaman. kita juga dapat meminimalisir jumlah food waste dan memaksimalkan kandungan nutrisi yang ada pada telur loh!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang