article-image

Sumber Gambar: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Lalat_buah.jpg

Baca Juga

Hama lalat buah sangat dikenal oleh sebagian besar petani. Serangga terbang yang satu ini memang sudah sangat diketahui sebagai perusak buah. Buah seperti cabai, tomat, jambu, dan mangga merupakan beberapa komoditi yang sering dirusak oleh hama lalat buah. Disebut sebagai lalat buah karena hama ini memang merusak bagian buah saja. Jenis lalat buah yang menyerang bagian buah adalah lalat buah betina, yaitu dengan jalan menyengat buah dan meninggalkan telurnya di dalam buah. Telur tadi akan menetas menjadi larva (belatung) yang akan memakan buah dari dalam sehingga buah menjadi busuk. Ini sangat merugikan petani karena buah yang sudah terserang lalat buah tentu tidak laku dijual. Salah satu cara untuk mengatasi hama lalat buah adalah dengan membuat perangkap sederhana. Bagaimana cara membuatnya? Mari kita simak bersama pembahasannya. Selamat membaca Sobat Tania!

Berbagai metode mulai dikembangkan untuk mengatasi serangan lalat buah. Dahulu manusia menggunakan pestisida yang berbau menyengat agar lalat buah tidak mendekat. Meski efektif namun kualitas buah menjadi turun karena adanya banyak residu kimia. Setelah itu, para ahli menemukan bahwa ternyata lalat betina hanya bertelur apa bila dikawini oleh lalat jantan, sehingga penelitian cara untuk menangkap lalat buah jantan (sebelum sempat mengawini lalat betina) mulai dilakukan. Ternyata, lalat jantan sangat tertarik dengan aroma buah yang mengandung zat tertentu. Zat ini, yaitu metil eugenol, akhirnya diproduksi secara massal yang kemudian diintegrasikan dengan perangkap lalat buah. Alat tersebut terbukti efektif menekan serangan lalat buah antara 35-70%

Berikut ini merupakan alat dan bahan untuk membuat perangkap lalat buah,

(1) Botol bekas air mineral, sebaiknya dipilih ukuran 600 ml atau lebih (2) Cutter atau gunting, (3) Suntikan, (4) Benang kasur atau kawat, (5) Kapas, (6) Metil eugenol dengan merk petrogenol (7) Air secukupnya.

Langkah kerja pembuatan perangkap lalat buah adalah sebagai berikut,

(1) botol air mineral yang sudah di persiapkan di lubangi sebanyak 4 lubang dengan menggunakan cutter sehingga terbentuk siletan X atau dengan ukuran kurang lebih 1 cm, diharapkan lubang ini tempat masuknya lalat buah. Lubang tadi persis dibuat di tengah-tengah botol.

(2) Ambil kapas yang diikat dengan benang. Kemudian, basahi kapas dengan metil eugenol kira-kira 1-2 cc dengan suntikan (jangan sampai menetes-netes). Cairan metil eugenol beraroma kuat, sehingga disarankan untuk menggunakan masker saat membasahi kapas.

(3) Buat satu lubang kecil pada tutup botol untuk jalan keluar benang. Setelah benang dilewatkan dari lubang pada tutup botol lalu tarik hingga kapas menggantung pada tengah botol hampir sejajar dengan empat lubang kecil yang dibuat tadi.

(4) Isi botol dengan air secukupnya. Air jangan sampai menyentuh kapas.

(5) Kemudian tutup botol air mineral dan perangkap siap di pasang.

Pemasangan perangkap buah paling tepat adalah pada masa tumbuh bunga dan belum berbuah. Tujuannya untuk menekan jumlah lalat jantan sehingga nanti pada masa berbuah hanya sedikit terjadi serangan lalat buah betina karena tidak dikawini pejantan. Namun demikian tidak ada kata terlambat bagi yang baru mengetahui teknik ini setelah terjadi serangan. Lalat buah mulai aktif di pagi hari saat embun sudah mengering, sehingga pastikan perangkap siap digunakan pada waktu tersebut.

Perangkap lalat buah dipasang dengan posisi menggantung kurang lebih tinggi gantungan 2 – 3 meter dari permukaan tanah. Satu perangkap dapat secara efektif menangkap lalat buah dalam radius hingga 20 meter, sehingga jumlah perangkap yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan luas lahan. Perlu diingat bahwa efektivitas metil eugenol dalam perangkap hanya bertahan selama empat minggu. Setelah itu, metil eugenol akan berangsur-angsur mengering dan hilang baunya. Jadi, Sobat Tania perlu membasahi ulang kapas dengan metil eugenol tiap sebulan sekali.

Untuk dapat mengidentifikasi dan mengetahui hama dan penyakit yang menyerang tanaman seperti lalat buah, Sobat Tania bisa menggunakan fitur Identifikasi Hama dan Penyakit di Aplikasi Dokter Tania. Dengan fitur ini Sobat Tania bisa mengetahui hama dan penyakit apa yang menyerang tanaman dan cara menanggulanginya secara tepat.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi