article-image

Sumber Gambar: Pimtong from Getty Images

Baca Juga

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang mengurangi aktivitas di luar rumah dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Banyak aktivitas rumahan yang kembali menjadi tren, salah satunya adalah berkebun dan mengoleksi tanaman hias. Tingginya minat terhadap aktivitas tersebut menyebabkan permintaan terhadap pot-pot tanaman meningkat. Ternyata, selama pandemi ini mulai banyak bisnis pot tanaman mini dan lucu yang semakin meningkat.

Salah satu produsen pot tanaman mini nak lucu ini menyatakan bahwa bisnis ini berawal dari inisiatif untuk mencari variasi desain dan warna pot untuk bisnis kaktusnya. Tak disangka, banyak konsumen yang tertarik dengan produk yang ditawarkan sehingga bisnis kaktusnya semakin laris. Bisnis tersebut dapat memperoleh omzet penjualan sekitar 60-70 juta rupiah per bulan.

Tujuan dari produsen tersebut adalah ingin menunjukkan bahwa kegiatan bercocok tanam dapat dilakukan oleh siapapun dari segala usia. Selama ini, berkebun dan mengoleksi tanaman hias identik dengan orang-orang lanjut usia, sehingga produsen mencoba menjangkau pelanggan yang lebih muda dengan desain pot mini yang lucu dan lebih up to date.

Produsen pot tanaman hias lainnya menyatakan, awal mula dirinya mulai berjualan adalah ketika ia ingin mencari variasi bentuk dan desain untuk tanaman hiasnya. Berawal dari iseng mencari pengrajin pot, produsen tersebut akhirnya menjalin kerja sama dan memulai bisnis pot tanaman dengan berbagai bentuk. Berawal dari modal sekitar 2 juta rupiah dan dengan harga pot yang relatif terjangkau, omzet yang dihasilkan sekarang dapat menembus 12 juta rupiah per bulannya.

Alternatif Ide Bisnis Pot Mini

Sobat Tania apabila tertarik dengan bisnis pot tanaman mini dapat memulai dengan cara yang sederhana dan ekonomis loh. Sobat Tania dapat memanfaatkan botol bekas untuk diolah dan disulap menjadi pot tanaman. Bahan yang dibutuhkan adalah botol bekas ukuran 2 liter, spidol, pisau cutter, gunting, cat akrilik, serta kuas. Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Bersihkan botol bekas minuman dan lepaskan labelnya.
  • Gambar pola bentuk menggunakan spidol, kemudian gunting botol mengikuti pola tersebut. Apabila ada bagian yang sulit dibentuk, gunakan pisau cutter agar hasilnya lebih rapi.
  • Beri lubang kecil di bagian bawah botol menggunakan pisau cutter.
  • Warnai pot menggunakan cat akrilik sesuai kreasi. Setelah kering, gambar pola sesuai dengan kreasi menggunakan spidol.
  • Pot tanaman siap digunakan.

Nah Sobat Tania, mudah bukan? Selamat mencoba dirumah!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang